For the Love of Books

[Books] To Travel With

OLEH DWINITA LARASATI
Dosen Desain Produk Industri FSRD ITB, Ketua Bandung Creative City Forum; pembuat dan penerbit graphic diary
tita.larasati@jalankaji.net


booktraveltita

Kafka Di Tengah Badai

OLEH YULIANI LIPUTO
Blogger Bandung, Instagram @yuliani.liputo

kafkatheshore2
Setelah membaca beberapa novel Murakami, saya bisa mengatakan saya lebih tertarik pada ekspresi artistiknya, metafora segar, makna tersembunyi, dan dialog-dialog cerdasnya daripada plot cerita, drama dan romansanya. 

Dunia surrealisme yang digambarkan Murakami tentu saja masih menarik, penuh kejutan. Realisme magisnya selalu berhasil membuat kita terlontar ke dunia  lain, terbawa ke dalam imajinasi yang lepas.

Tokoh-tokohnya mengalami banyak penderitaan, kesepian, petualangan seks, krisis, dan kebahagiaan. Namun beberapa hal terasa mengulang dari novel ke novel, Murakami terasa mendaur ulang beberapa trik bercerita dalam novelnya. Read More…

Smith's Interpretation of Albert Camus' Novel, The Stranger

OLEH YOSHI ANDRIAN
Editor Jalankaji.net, illustrator
yoshi.andrian@jalankaji.net


yoshi-robert-smith

Mozaik Islam Indonesia di Timur

OLEH ABDUL WAHID & DIDID HARYADI
Peneliti Gerakan Islam di Universitas Islam Negeri Mataram;
Pengajar Departemen Sosiologi, Universitas Nasional



MosqueImam_thumbnail
Wajah Islam di Indonesia ditandai dengan keberagaman praktik. Corak Islam di belahan barat Indonesia dalam aspek-aspek tertentu relatif sama dengan belahan timur Indonesia, tetapi banyak hal menunjukkan ciri-ciri partikularitas.

Perbedaan ini dipengaruhi konteks lokalitas berupa faktor kesejarahan, budaya, dan sifat hubungan sosial antara komunitas Muslim dengan komunitas lain dalam lingkup pergaulan sosio-kultural dan politik.

Pertumbuhan, perkembangan, dan dinamika Islam di berbagai daerah di Indonesia berlangsung dalam suatu kancah di mana aktor dan institusi dakwah berperan memainkan agensi dan otoritasnya, lalu menghasilkan identitas dan corak tertentu pada masyarakat Muslim.

Dewasa ini, praktik dan identitas Islam di Indonesia Timur tumbuh dari bawah (bottom up) bersahutan dengan munculnya otoritas agama yang dinamis, terutama dari kalangan pedagang-perantau Bugis-Makassar.

Dengan agensi yang tinggi, mereka datang untuk berdagang, merantau di suatu daerah, lalu bermukim dan membentuk komunalisme bagi pertumbuhan dan perkembangan praktik Islam.

Dari sinilah terbentuk identitas dan masyarakat Muslim di Indonesia bagian timur dengan tradisi Islam yang kaya serta beragam. Read More…

Kompilasi Komik Mas Seno Gumira Ajidarma

OLEH DWINITA LARASATI
Dosen Desain Produk Industri FSRD ITB, Ketua Bandung Creative City Forum; pembuat dan penerbit graphic diary
tita.larasati@jalankaji.net



senotita

David Bowie: When I'm Relaxed

OLEH YOSHI ANDRIAN
Editor Jalankaji.net, illustrator
yoshi.andrian@jalankaji.net

bowie

A Life Beyond Boundaries: Keluar dari Perangkap Tempurung ala Anderson

OLEH PURI KENCANA PUTRI
Kuala Lumpur, Pekerja Analis Digital Accenture Malaysia | Editor Jalankaji
puri.kp@jalankaji.net

A Life Beyond Boundaries
Buat anak anak jebolan kampus ilmu sosial dan politik, membaca publikasi Benedict Richard O’Gorman Anderson atau yang populer dikenal sebagai Ben Anderson adalah sebuah kewajiban. Kewajiban ini tentu saja didorong dari upaya untuk mendongkrak kemampuan dan pengenalan yang lebih baik tentang Indonesia kepada para mahasiswanya. Tentu saja kewajiban ini sedikit banyak memberikan rasa keterpaksaan. Tapi tidak untuk karya-karya Ben Anderson. Awalnya saya lumayan degdegan saat awal membaca buku Ben Anderson dengan jumlah halaman tebal. Tapi lama-lama saya memiliki pikiran kompetitif – mengapa orang asing (bule, sebagaimana Ben Anderson mengidentifikasikan dirinya) jauh mengenal Indonesia lebih baik luar dalam ketimbang kita orang Indonesia sendiri? Pikiran kompetitif ini semakin kuat ketika saya mengkhatamkan karya Imagined Communities: Reflections on the Origin and Spread of Nationalism (1983); salah satu buku babon sejarah politik Indonesia, yang mengedepankan kajian tentang konsep negara bangsa dengan studi kasus Indonesia. Read More…

Diskusi Buku: Patah Hati Jadi Royalti

diskusi-buku-dhani

Jasa Bundel Majalah

OLEH DWINITA LARASATI
Dosen Desain Produk Industri FSRD ITB, Ketua Bandung Creative City Forum; pembuat dan penerbit graphic diary
tita.larasati@jalankaji.net



tita10